Sabtu, 21 Januari 2012

PASANG SURUT AIR LAUT

Dalam artikel ini menjelaskan tentang pasang surut dan pasang naik, dan juga sebab, dan akibatnya. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.SELAMAT MEMBACA!!!!! Ü
§     Untuk Apa Data Pasang Surut Air Laut?
Pengetahuan tentang pasang surut sangat diperlukan dalam transportasi laut, kegiatan di pelabuhan, pembangunan di daerah pesisir pantai, dan lain-lain.
Mengingat pentingnya pengetahuan tentang pasang surut terutama bagi yang tertarik mempelajari masalah pantai dan estuari, maka akan dicoba dijelaskan tentang pengertian pasang surut itu sendiri.

§       Pengertian Pasang Surut Air Laut
Pasang surut air laut adalah  suatu fenomena pergerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala yang diakibatkan oleh kombinasi gaya gravitasi dan gaya tarik menarik dari benda-benda astronomi terutama oleh matahari, bumi, dan bulan. Pengaruh benda angkasa lainnya dapat diabaikan karena jaraknya lebih jauh atau ukurannya lebih kecil.
Faktor non astronomi yang mempengaruhi pasang surut terutama di perairan semi tertutup seperti teluk adalah bentuk garis pantai dan topografi dasar perairan.
Puncak gelombang disebut pasang tinggi dan lembah gelombang disebut pasang rendah.
Perbedaan vertikal antara pasang tinggi dan pasang rendah disebut rentang pasang surut (tidal range).
Periode pasang surut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya. Harga periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit.

§     Tipe Pasang Air Laut
Terdapat tiga tipe dasar pasang laut, yaitu:
Þ    Tipe Harian (diurnal tides) adalah suatu perairan yang mengalami satu kali pasang dan satu kali surut dalam satu hari.
Þ    Tipe Tengah harian (semidiurna tides) adalah suatu perairan yang mengalami dua kali pasang dan dua kali surut dalam sehari.
Þ    Tipe Campuran (mixed tides) adalah suatu perairan yang mengalami peralihan antara tipe harian dan tipe tengah harian, dan tipe pasang surut air laut ini digolongkan menjadi dua bagian, yaitu: tipe campuran dominasi ganda dan tipe campuran dominasi tunggal.

§     Penyebab Pasang Air Laut
Dalam sebulan, variasi harian dari rentang pasang laut berubah secara sistematis terhadap siklus bulan. Rentang pasang laut juga bergantung pada bentuk perairan dan konfigurasi lantai samudera.
Pasang laut merupakan hasil dari gaya gravitasi dan efek sentrifugal. Efek sentrifugal adalah dorongan ke arah luar pusat rotasi (bumi). Gravitasi bervariasi secara langsung dengan massa tetapi berbanding terbalik terhadap jarak. Meskipun ukuran bulan lebih kecil dari matahari, namun gaya gravitasi bulan dua kali lebih besar daripada gaya tarik matahari dalam membangkitkan pasang surut laut karena jarak bulan lebih dekat daripada jarak matahari kebumi. Gaya gravitasi menarik air laut ke arah bulan dan matahari dan menghasilkan dua tonjolan pasang surut gravitasional di laut. Lintang dari tonjolan pasang surut ditentukan oleh deklinasi, sudut antara sumbu rotasi bumi dan bidang orbital bulan dan matahari.                                                                 
                                     Gb: Gaya Gravitasi Bulan dan Matahari
Pasang air laut dibedakan menjadi dua, yaitu pasang purnama dan pasang perbani, yaitu:
              
                                        Gb: Pasang Naik dan Surut Air Laut                                

Þ   Pasang Laut Purnama (spring tide)
Pasang laut purnama (spring tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada dalam suatu garis lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang sangat tinggi dan pasang surut yang sangat rendah. Pasang laut purnama ini terjadi pada saat bulan baru dan bulan purnama.
Þ   Pasang Laut Perbani (neap tide)
Pasang laut perbani (neap tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari membentuk sudut tegak lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang rendah dan pasang surut yang tinggi. Pasang laut perbani ini terjadi pada saat bulan seperempat dan tigaperempat.
          
§     Pasang laut dan transportasi perairan
Pengetahuan tentang pasang laut sangat diperlukan dalam transportasi perairan, kegiatan di pelabuhan, pembangunan di daerah pesisir pantai, dan lain-lain. Karena sifat pasang laut yang periodik, maka ia dapat diramalkan.
Untuk dapat meramalkan pasang laut, diperlukan data amplitudo dan beda fasa dari masing-masing komponen pembangkit pasang laut. Seperti telah disebutkan, komponen-komponen utama pasang surut terdiri dari komponen tengah harian dan harian. Namun demikian, karena interaksinya dengan bentuk (morfologi) pantai, superposisi antar komponen pasang laut utama, dan faktor-faktor lainnya akan mengakibatkan terbentuknya komponen-komponen pasang laut yang baru.

§     Manfaat Pasang Surut Air Laut
Peristiwa pasang surut air laut bermanfaat untuk hal – hal sebagai berikut:
Þ    Pembuatan garam,
Þ    Persawahan Pasang Surut,
Þ    Berlayar atau berlabuhnya kapal di dermaga yang dangkal,
Þ    Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut (PLTPs)
Penggerak Generator Listrik, dsb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar